banner 728x250
Gadget  

Sejarah Handphone dan Perkembangan

Sejarah Handphone dan Perkembangannya
Sejarah Handphone dan Perkembangannya
banner 120x600
banner 468x60

Sejarah Handphone dan Perkembangan

Sejarah handphone dan perkembangan dari awal sampai sekarang, Salah satu teknologi yang banyak mempengaruhi kehidupan manusia adalah telepon seluler setelah komputer, atau handphone. Sejarah handphone menyebutkan bahwa teknologi dari perangkat komunikasi adalah dari ide seseorang bernama Martin Cooper.

Model pertama dari handphone adalah DynaTac

banner 325x300

yang menghasilkan alat komunikasi kecil dan mudah untuk dibawa bepergian. Sejarah lengkapnya bisa disimak pada ulasan berikut.

Sejarah dan Perkembangan Telepon Seluler

Lihatlah handphone yang pertama kali ditemukan tentu memiliki bentuk dan teknologi yang jauh berbeda dengan handphone sekarang yang bisa mencari uang di internet, Harga dan ukuran handphone pun mengalami banyak perubahan dari perkembangan berikut.

Teknologi pertama telepon portabel

Pada 3 April 1973 Martin Cooper yang merupakan karyawan Motorola menemukan teknologi pertama untuk telepon genggam, walaupun beberapa banyak menyebutkan pula bahwa penemuan handphone dilakukan oleh sebuah tim dari divisi Motorola tersebut. Handphone yang pertama kali berhasil dibuat memiliki bentuk yang cukup besar dengan beratnya 2 kilogram. Biaya produksinya pun mencapai angka 1 juta Dolar.

Produksi telepon genggam portable

Sekarang masyarakat mudah untuk membeli handphone yang ringan dan mudah dibawa dengan harga yang cukup terjangkau. Jauh berbeda dengan sejarah handphone portabel pertama yang biaya pembuatannya saja mencapai 4 ribu Dollar atau sekitar 36 Juta. Pada tahun 1983 handphone portabel berhasil diciptakan, namun masih memiliki banyak keterbatasan terutama untuk sarana prasarana yang mendukung teknologi komunikasi handphone.

Sistem switching untuk sambungan komunikasi pada handphone

Setelah perangkat telephone portable diciptakan, tidak langsung dapat digunakan oleh banyak masyarakat karena terbatasnya sarana yang dapat menghubungkan komunikasi antar perangkat. Namun setelah penemuan sistem switching oleh Amos E Joel Jr, pembicaraan atau komunikasi dengan ponsel dapat dilakukan dari satu wilayah ke wilayah lain tanpa terputus. Tokoh teknologi komunikasi ini bahkan menerima lebih dari 7 paten bidang teknologi di Amerika.

Lihatlah Sejarah Handphone pertama kalinya

Terus mengalami perkembangan hingga menjadi handphone pintar seperti yang sekarang banyak digunakan. Teknologi perangkat komunikasi mengalami banyak kemajuan dan salah satu yang paling besar adalah penemuan touchscreen atau teknologi layar sentuh. Telepon genggam kini lebih mudah dioperasikan dengan sentuhan ujung jari saja. Selain dari perangkatnya yang terus berkembang, sistem komunikasi ponsel juga mengalami banyak perubahan dan kemajuan yang sangat pesat. Penemuan internet adalah salah satunya yang mengubah fungsi handphone yang tadinya hanya untuk komunikasi pesan singkat dan telepon, menjadi komunikasi dengan banyak pilihan aplikasi.

Handphone sebagai hiburan

Fungsi handphone pun semakin beragam yang tadinya dari sejarah handphone yang berfungsi untuk sarana komunikasi, kini juga memiliki fungsi sebagai sarana atau media hiburan masyarakat. Melalui handphone, masyarakat dapat mengakses banyak informasi, bermain games, dan lain sebagainya.

Dampak Positif Handphone

Kecanggihan teknologi handphone memberikan banyak manfaat atau dampak positif bagi masyarakat seperti berikut.

Meningkatkan konektivitas

Masyarakat sangat terbantu dengan adanya handphone karena komunikasi yang semakin tidak terbatas, baik untuk jarak dekat maupun jarak jauh. Perangkat ini menghubungkan jutaan orang di seluruh dunia untuk berinteraksi secara digital.

Komunikasi dengan mudah

Sebelum handphone ada, kebanyakan masyarakat menggunakan surat untuk komunikasi terutama dengan kerabat atau teman yang tinggalnya jauh. Penerima biasanya baru bisa membaca pesan beberapa minggu atau bahkan bulan setelah surat dikirim.

Handphone mendekatkan jarak

Sejarah handphone telah mengubah kesulitan komunikasi tersebut. Kini pesan dapat langsung dibaca hanya dalam hitungan detik. Tidak hanya pesan, perangkat komunikasi portabel ini juga memberikan kemudahan untuk berbicara melalui panggilan telepon atau video call dengan orang lain di berbagai tempat.

Menjadi sarana bisnis

Mungkin ada benarnya jika masyarakat modern sekarang tidak bisa hidup tanpa handphone. Saat perangkat tersebut tertinggal biasanya akan membuat gelisah atau bahkan kesusahan. Sejarah handphone yang tadinya diciptakan untuk komunikasi, kini sudah berkembang bahkan menjadi sarana bisnis untuk mencari uang di Internet. Banyak orang yang melakukan pekerjaan dengan bantuan handphone. Hampir sebagian besar masyarakat di era digital ini tidak mungkin atau sulit untuk bekerja tanpa handphone.

Jenis komunikasi yang bervariasi

Penemuan dan perkembangan handphone menciptakan lebih banyak jenis komunikasi. Mulai dari pesan singkat atau SMS, instant message atau IM, pesan elektronik atau email, dan masih banyak lagi.

Dampak Negatif Handphone

Selain dampak positif, penggunaan telepon yang tidak sesuai dan tidak bertanggung jawab akan memberikan beberapa dampak negatif seperti berikut.

Radiasi handphone

Salah satu dampak buruk handphone adalah adanya efek radiasi yang tidak bagus untuk kesehatan. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan handphone berbahaya bagi otak, terlebih lagi jika pancaran gelombang tersebut terlalu kuat dan ditempelkan di tubuh. Tidak hanya itu, penggunaan handphone yang tidak teratur juga mengubah pola tidur seseorang dan bisa memicu insomnia dan stres.

Tindak kriminal cyber

Sejarah handphone dan generasi perkembangan yang luar biasa patut diapresiasi. Sayangnya beberapa orang yang tidak bertanggung jawab justru memanfaatkan kecanggihan teknologi handphone untuk berbuat kejahatan atau tindakan yang merugikan orang lain. Kasus cyber crime kini menjadi perhatian khusus di era serba digital seperti sekarang.

Dampak psikologis

Masyarakat zaman sekarang mungkin memiliki sifat dan perilaku yang berbeda dengan masyarakat sebelum era digital. Penggunaan handphone secara perlahan membuat orang menjadi malas untuk bersosialisasi. Lihatlah sekitar anda saat semuanya sedang bermain handphone, mereka cenderung asyik sendiri-sendiri. Dampak lainnya adalah perubahan perilaku seperti menjadi malas, tidak bisa konsentrasi belajar, hingga kecanduan gambar atau video yang tidak layak ditonton.

Demikian ulasan mengenai sejarah handphone dan beberapa dampaknya terhadap masyarakat dari perkembangan sistem komunikasi handphone.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *