banner 728x250

Generasi Perkembangan Komputer

Generasi-perkembangan-komputer-rindam
Generasi perkembangan komputer dari masa ke masa
banner 120x600
banner 468x60

Bagaimana Asal Mula Adanya Komputer?

Generasi perkembangan komputer dari awal penemuannya hingga saat ini terus mengalami perkembangan yang semakin canggih, dari komputer yang hanya menyimpan data atau docs, berkembang ke animasi dan grafis, permainan game jadul hingga game berat, bahkan komputer masa kini bukan lagi di analisa, tetapi sudah sanggup menganalisa sendiri. Melalui adanya perkembangan zaman tentunya juga akan mempengaruhi perkembangan teknologi gadget saat ini. Seperti halnya dengan perkembangan teknologi komputer yang ada saat ini tentunya melewati perubahannya dari generasi ke generasi. Komputer adalah sebuah perangkat yang sangat penting yang dibutuhkan manusia saat ini. Memiliki fungsi salah satunya yaitu membantu menyelesaikan pekerjaan seseorang dengan cepat. Selain itu, komputer saat ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari awal munculnya keberadaan komputer. Dengan begitu maka akan memudahkan seseorang untuk membawa komputer kemana saja dan kapan saja.

Bagi Anda yang tidak mengetahui bagaimana awal sejarah komputer, maka Anda bisa menyimak informasi berikut ini. Saat melihat ke beberapa dekade yang lalu pastinya sudah mengenal sejarah komputer dan juga perkembangannya. Awal munculnya komputer tentunya tidak secanggih seperti saat ini, begitu juga untuk ukuran yang sangat besar dan juga berat.

banner 325x300

5 Generasi Perkembangan Komputer

Sebagai informasi terdapat sejarah dan generasi perkembangan komputer yang dibagi menjadi lima generasi. Dari generasi ke generasi akan menghasilkan jenis komputer yang lebih kecil, efisien, tangguh, dan juga murah. Beberapa diantaranya dari kelima generasi tersebut yaitu seperti:

Generasi Pertama Tahun 1946 – 1959 Komputer Tabung Vakum

contoh komputer pada generasi perkembangan komputer pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Eckert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum

Pada tahun 1946 komputer dengan menggunakan tabung vakum yang dijadikan komponen dasar telah diciptakan. Dengan menggunakan tabung vakum yang memiliki material yang tidak efisien karena bisa menghasilkan panas yang berlebih dan membutuhkan daya listrik yang besar untuk bisa bekerja. Electronik Numerical Integrator and Computer atau ENIAC merupakan salah satu contoh komputer pada generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Eckert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1.800 kaki persegi serta berat hingga 30 ton.

Generasi perkembangan komputer Kedua Tahun 1959 – 1965 Komputer Transistor

Melalui adanya perkembangan transistor memberikan peningkatan teknologi pada kala itu dengan menggantikan komputer tabung vakum. Dibandingkan dengan komputer tabung vakum, komputer transistor berukuran jauh lebih kecil dan juga bisa menghasilkan panas yang lebih sedikit. Karena hasil dari transistor ini mampu menciptakan sebuah komputer yang lebih cepat, lebih kecil, dan lebih murah dari generasi pertamanya. Selain itu, komputer transistor juga mengalami perkembangan untuk bahasa pemrograman.

Generasi Ketiga Tahun 1965 – 1971 Komputer Sirkuit Terintegrasi

Untuk generasi ketiga, komputer tidak lagi menggunakan transistor melainkan menggunakan Integrated Circuit (ICs). IC dikembangkan oleh Jack Kilby yang merupakan seorang insinyur listrik. Jack mampu memberikan peningkatan yang signifikan untuk kecepatan dan efisiensi komputer, dan memiliki kapasitas ruang yang juga lebih kecil. Awal mula komputer mampu berinteraksi menggunakan keyboard dan monitor yaitu pada generasi ketiga.

Generasi Keempat Tahun 1971 – Sekarang Komputer Mikroprosesor

Nah, komputer yang saat ini Anda lihat merupakan komputer pada generasi keempat. Komputer pada generasi sekarang memiliki satu chip yang terdiri dari ribuan transistor dan elemen sirkuit lainnya yang bisa dihubungkan menjadi satu. Tentunya hal tersebut tidak lepas dari Intel yang merupakan perusahaan pembuatan chip yang menciptakan Intel 4004.

Kelima Komputer Masa Depan

Komputer masa depan dengan teknologi AI

Generasi perkembangan komputer terkini dan tercanggih yang dapat mempelajari perilaku alam sekitar serta sanggup menganalisa gerakan manusia

Di generasi kelima Anda akan menemukan komputer yang mengandalkan kecerdasan buatan. Tujuannya adalah diharapkan mampu menghasilkan komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang diucapkan manusia serta memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar manusia.

Nah, lihatlah bahwa terdapat 5 generasi perkembangan komputer mulai dari memiliki bobot yang sangat berat hingga sampai saat ini jenis komputer yang lebih simple.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *