Memaksimalkan Komputer, Lihatlah Caranya



memaksimalkan komputer
memaksimalkan komputer




Memaksimalkan Komputer





Memaksimal Komputer atau PC maupun laptop baik rakitam maupun branded adalah perangkat gadget pendukung pekerjaan yang dibutuhkan hampir.di setiap sektor, seperti perkantoran, rumah, bahkan industri-industri dari sekala kecil sampai yang raksasa akan menggunakan perangkat yang cerdas ini




Pemakaian komputer yang terus menerus akan menyebabkan kinerja perangkat tersebut berkurang daya kerjanya, terlebih masa pakai perangkat komputer yang sudah termakan usia, belum lagi sofrware terbaru tidak mendukung pada system OS yang makim berkembang sesuai jamannya.




Apa Penyebabnya kinerja Komputer Menurun?





Telah disebutkan di atas, lihatlah penyebab kinerja komputer menurun banyak dipengaruhi berbagai faktor, faktor eksternal seperti terserang virus, bukan virus corona tersiram air, ataupun jatuh. Faktor internal adalah ram yang melemah, menjadikan komputer lemot bahkan mengakibatkan hank, dan system akan merambat ke lainnya seperti panas yang berlebih.




Bagaimana menangani komputer yang mulai melemah?





Maksimalkan RAM Komputer





Random Access Memory atau lebih umum disebut RAM mungkin sudah Anda kenal sejak pertemuan pertama Anda dengan PC. RAM merupakan sebuah memori utama yang digunakan untuk melakukan penyimpanan sementara saat komputer dalam keadaan hidup. Fungsi adanya perangkat ini tidak lain adalah sebagai pendukung bagi processor untuk melakukan segala proses computing. Kecepatan dan kapasitas RAM memiliki hubungan yang erat dengan kinerja komputer.




Mungkin sebelumnya Anda pernah mengalami, RAM Anda sudah lumayan besar namun kinerja dari perangkat komputer masih belum memenuhi keinginan. Mungkin Anda perlu melakukan beberapa optimasi pada RAM. Ada berbagai cara dan teknik untuk komputer yang bisa Anda gunakan untuk menjaga komputer Anda dalam keadaan prima,penulis telah melakukan beberapa cara terbaik maksimalkan ram yang ternyata mampu meningkatkan proses kinerja RAM pada perangkat komputer Anda agar tidak gampang panas.




Lihatlah Langkah-langkah memaksimalkan Komputer





  1. Gunakan Task Manager Salah satu Cara Terbaik Maksimalkan RAM Komputer rakitan yang cukup simple adalah dengan menggunakan Task Manager yang ada pada sistem operasi di perangkat komputer Anda. Lewat Task Manager Anda dapat memantau seluruh kegiatan maupun proses yang berjalan pada perangkat komputer Anda. Selain itu, hampir keseluruhan dari sistem operasi baik windows maupun unix mampu melakukan sorting dari urutan penggunaan RAM terbesar hingga yang terkecil Untuk melakukan Akses pada Task Manager setiap sistem operasi memiliki cara berbeda. Misalnya saja untuk Windows Anda dapat mengakses Task Manager lakukan klik kanan pada start taskbar dan pilih Task Manager. Maka Anda akan mendapatkan window yang menampilkan monitor keseluruhan proses. Sedangkan jika Anda pengguna Linux, semakin banyak Cara Terbaik Maksimalkan RAM Komputer yang dapat Anda terapkan sesuai dengan lingkungan desktop yang Anda gunakan. Misalnya saja, Penulis menggunakan lingkungan desktop Unity maka untuk melakukan akses Task Manager hanya dengan mencari System Monitor (pada Linux setiap desktop environment memiliki nama task manager yang berbeda).
  2. Disable Startup Apps Cara ini merupakan langkah Advance setelah Anda memantau seluruh proses yang berjalan pada komputer Anda. Aplikasi start up merupakan seluruh program yang otomatis akan dijalankan ketika komputer dihidupkan. Semakin banyak program yang dijalankan, tentunya proses juga akan semakin berat.Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah disable aplikasi startup. Jika Anda pengguna Windows 8 Anda dapat melakukannya pada tab startup pada task manager, atau melalui msconfig jika Anda pengguna windows 7.
  3. Aplikasi Pihak Ketiga Pilihan aplikasi ini digunakan tidak lain untuk mempercepat kinerja RAM, namun Aplikasi yang harus Anda gunakan juga sebaiknya sesuai dengan kebutuhan. Misalkan saja pada beberapa Antivirus yang sekaligus digunakan untuk tweak, namun Anda melakukan install aplikasi lagi untuk melakukan booster.




Memaksimalkan komputer dengan Aplikasi Pihak ketiga





Saat ini untuk aplikasi pihak ketiga, penulis menggunakan CCleaner pada Windows sedangkan pada Linux (Ubuntu) menggunakan Ubuntu Tweak. Pilihan ini bukanlah cara yang terbaik, dan Anda bisa memilih selain dari keduanya.




Gadget Komputer Anda sekiranya dimaksimalkan dengan cara diatas, Lihatlah hasilnya .mungkin akan membantu kecepatan proses RAM Anda secara sewajarnya,serta memelihara komputer agar maksimal dan awet bukan untuk melakukan overclock ataupun yang lainnya. Jika mungkin Anda merasa perangkat komputer masih belum terlalu baik, lihatlah penyebabnya, Ada baiknya Anda melakukan penambahan ataupun penggantian RAM.




memaksimalkan komputer agar tidak lekas panas





Lihatlah penyebabnya komputer cepat panas





Memiliki sebuah komputer branded maupun PC  rakitan perlu Anda jaga dengan  merawatnya sebaik mungkin, demi mempertahankan usia penggunaan komputer Anda.
Kalau tidak jelas dan stabil dari daya kerja dari komputer yang Anda miliki bisa menjadi turun kinerjanya.




Lihatlah penyebabnya jika komputer cepat panas





Ada berbagai cara dan teknik untuk komputer yang bisa Anda gunakan untuk menjaga komputer Anda dalam keadaan prima. Apalagi dalam hal pekerjaan yang tidak rutin untuk memaksimalkan komputer tidak cepat panas.




Sebab bila  berlaju dengan panas secara pesat, di jamin komputer gampang turun kinerjanya dan gampang mengalami mal funcriona dalam berbagai macam permasalahan lainnya.




Penyebab terjadinya kerusakan pada komputer





Kerusakan yang biasa terjadi pada komputer gampang menjadi panas yakni suara kipas yang terdengar agak mendengung.Nah untuk itu Anda perlu teknik yang pas untuk menjaga laptop PC maupun komputer yang Anda miliki.




  1. Teknik memaksimalkan komputer tidak cepat panas dan memaksimalkan komputer paling utama untuk adalah membiasakan mengatur jadwal pemakaian komputer yang Anda miliki,jadi seandainya Anda membuat jadwal sebagai optimasi berapa jam komputer itu Anda gunakan.
  2. Teknik memaksimalkan komputer dan tidak gampang panas kedua yang dapat Anda lakukan ialah menerapkan kipas komputer ketika Anda menggunakannya. Dengan adanya kipas sirkulasi udara yang ada akan terjaga dengan baik.
  3. Sehingga komputer atau PC rakitan Anda senantiasa menjadi tidak gampang panas.
  4. Teknik memaksimalkan komputer tidak cepat panas berikutnya, jangan menggunakan PC ataupun komputet Anda di paparan langsung cahaya matahari,sebab dapat membuat komputer atau PC yang Anda miliki gampang panas.
  5. Satu hal yang tidak boleh Anda gunakan adalah dikala Anda memakai notebook hindari berada di atas kasur. Sebab kipas yang ada di komputer rakitan Anda tak dapat menerima sirkulasi udara yang mencukupi. Selain itu debu dari kasur bisa saja masuk ke dalam komputer,bisa menyebabkan berkurangnya kinerja kipas atau malah merusak kipas.Apalagi masuknya debu untuk peralatam elektronik ini betul-betul sangat sensitig dan tidak baik.
  6. Teknik lain supaya laptop maupun komputer Anda tidak cepat panas adalah menggunakam software yang  asli dan cocok dengan spesifikasi komputer Anda,jangan menerapkan software yang terlalu berat,Karena akan mengakibatkan kinerja prosesor bekerja lebih keras sehingga mudah memacu panas.




demikian  Penjelasan sederhana di atas apabila ingin komputer Anda memiliki umur gunakan lebih panjang.sebab komputer gampang panas dapat mudah rusak dan susah cara memperbaiki komputer tersebut jika sudah terlanjur rusak, ikuti petunjuk memaksimalkan komputer

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memaksimalkan Komputer, Lihatlah Caranya"

Posting Komentar