Heboh Penemuan Nuklir Purba di Gabon


Inilah Penjelasan Penemuan Nuklir Purba





Penemuan nuklir purba terkini Jauh dari zaman era modern saat ini, ternyata pada tahun 1972 terdapat sebuah penemuan yang sangat luar biasa. Dugaan tersebut menyebutkan bahwa pada tahun 1972 telah diyakini sebagai peradaban masa lalu yang mengalami era nuklir. Terdapat penemuan yang mengatakan bahwa penemuan nuklir purba atau tambang reaktor nuklir telah berusia dua miliyar tahun yang lalu di Oklo, Republik Gabon, Afrika.





peta ini menunjukan tempat penemuan nuklir purba, satu-satunya di Dunia, ilmuwan terus mencari sumber-sumber persamaannya dan juga menelusuri wilayah india, namun hasilnya nihil




Penemuan nuklir purba yang membawa sebuah perusahaan dari Perancis yang melakukan impor bijih mineral uranium dari Oklo, Afrika untuk diolah. Namun, justru awal hasil temuan mengejutkan banyak peneliti. Pasalnya, biji uranium hasil impor tersebut merupakan memiliki kandungan yang sama dengan hasil limbah reaktor nuklir. Jadi, hal tersebut menandakan bahwa biji uranium telah diolah sebelumnya.




Mengulik Sejarah Penemuan Nuklir Purba





Dari awal penemuan nuklir purba itulah yang menyebabkan banyak para ilmuwan yang ingin mengetahui dan akhirnya melakukan penelitian tentang biji uranium tersebut. Para peneliti sengaja datang ke Oklo untuk melakukan penelitian tambang. Yang pertama mereka temukan yaitu sebuah reaktor nuklir yang memiliki skala besar pada zaman pra sejarah. Kapasitas reaktor nuklir tersebut mencapai lebih dari 500 ton bijih uranium yang terdapat di enam wilayah. Selain itu, para peneliti menduga bahwa biji uranium tersebut menghasilkan tenaga sebesar 100 ribu watt.




Penambangan Nuklir Purba






Seseorang dari Rombongan ilmuwan menunjukan lokasi tempat reaktor nuklir yang hanya berukuran 4×4 m/p namun mempunyai kemapuan 500 Mega watt, jauh dibandingkan nuklir terkini yang hanya menghasilkan 100 MW




Hebatnya dari hasil riset penemuan nuklir purba penambangan reaktor nuklir pada zaman dahulu kala adalah limbah dari penambangan reaktor nuklir yang dibatasi serta tidak tersebar luas di dalam area 40m di sekitar pertambangan tersebut. Alangkah malunya di era modern saat ini justru teknik penataan tambang reaktor yang dilakukan jauh lebih buruk dibandingkan dengan tambang reaktor di zaman dulu.





salah satu turbin yang juga ditemukan tidak jauh dari lokasi nuklir purba, dan dibawahnya adalah hasil limbah yang dikelola sangat canggih pada penggunaan nuklir tersebut, diperkirakan lamanya operasi penggunaan nuklir purba selama 500 ribu tahun lamanya, hingga peradaban kehidupan tersebut musnah dalam jarak 1,5 milyar tahun yang lampau




Bahkan pada saat ini kita masih bingung dengan permasalahan pengolahan limbah nuklir. Sedangkan pada zaman dahulu, orang-orang yang melakukan pertambangan tersebut sudah mengetahui bagaimana cara untuk memanfaatkan topografi alami untuk menyimpan limbah nuklir tersebut.




Para ahli mengatakan penemuan nuklir purba bahwa tambang tersebut saat ini telah berusia sekitar dua miliar tahun. Tentunya hal tersebut dinyatakan setelah terdapat bukti data geologi dan tidak lama setelah berubah menjadi pertambangan dibangunlah sebuah reaktor nuklir. Dengan hasil riset tersebut maka para ilmuwan telah mengakui bahwa inilah reaktor nuklir kuno. Dengan kata lain bahwa reaktor nuklir tersebut merupakan sebagai produk masa peradaban umat manusia di zaman pra sejarah kala itu.




Penemuan Reaksi Nuklir Purba






Lokasi dilihat dari google satelit penemuan nuklir purba setelah mengikis tambang tua dilakukan para kontraktor penambangan




Pembuatan sebuah reaksi untuk nuklir tentunya menjadi hal yang sulit, sebab untuk dapat memecahkan atom-atom uranium harus dilakukan dengan menggunakan sarana dan prasarana yang memadai seperti pembangkit daya. Pembangkit daya tersebut yang bisa menghasilkan energi berupa panas dan juga neutron-neutron, lalu mengakibatkan atom-atom yang lainnya akan memecah. Dan proses inilah yang disebut sebagai dengan pemecahan nuklir.




Apa itu nuklir?






ilustrasi terjadinya reaksi nuklir




Nuklir adalah kekuatan dalam inti atom, sedangkan Atom adalah partikel kecil dalam molekul yang membentuk gas, cairan, dengan proses pemadatan tekanan tinggi. Atom itu sendiri terdiri dari tiga partikel yang disebut proton, neutron, dan elektron. Sebuah atom memiliki nukleus (atau inti) yang mengandung proton dan neutron, yang dikelilingi melalui elektron.




Proton mengangkat muatan listrik yang bagus dan elektron menaikkan muatan listrik yang buruk. Neutron tidak memiliki muatan listrik. Kekuatan luar biasa adalah arus dalam ikatan yang menjaga inti bersama. Lihatlah energi nuklir ini dapat diluncurkan ketika ikatan ini terputus. Ikatan dapat rusak melalui fusi nuklir, dan energi ini dapat digunakan untuk menghasilkan listrik.




Dalam fusi nuklir, ledakan atom, yang melepaskan energi. Semua vegetation energi nuklir menggunakan fusi nuklir, dan sebagian besar bahan dasar kekuatan nuklir menggunakan atom uranium. Selama fusi nuklir, neutron bertabrakan dengan atom uranium dan membelahnya, melepaskan sejumlah besar listrik dengan menghasilkan suhu yang hangat serta radiasi.




Lebih banyak neutron diluncurkan ketika atom uranium terbelah




Neutron ini terus bertabrakan dengan atom uranium yang berbeda, dan proses ini berulang berulang. Proses ini dikenal sebagai reaksi berantai nuklir. Respons ini dikendalikan dalam reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir untuk menghasilkan jumlah panas yang sudah ditentukan.




Tenaga nuklir juga dapat dilepaskan dalam fusi nuklir, di mana atom dicampur atau digabungkan secara kolektif untuk membentuk atom yang lebih besar. Fusion adalah pancaran energi terdapat dalam Matahari dan bintang-bintang.




Mengembangkan sains untuk memanfaatkan fusi nuklir sebagai pasokan energi untuk era kehangatan dan kelistrikan lebih sulitnya penelitian yang sedang berlangsung, lihatlah apakah ada atau tidak, itu akan menjadi teknologi yang bisa diterapkan secara komersial, belum ada penjelasan yang pasti mengenai situasi dalam mengendalikan suatu reaksi fusi yang cukup bahaya untuk antisipasinya ini, berbeda hal nya dengan penemuan nuklir purba.




Uranium sebagai bahan bakar Nuklir






proses pengayaan atau pengembangan uranium dengan terlebih dahulu memproduksi gas ke dalam reaktor untuk menghasilkan fusi dingin




Uranium adalah bahan bakar yang paling banyak digunakan sebagai bahan bakar utama nuklir untuk fusi nuklir. Uranium dianggap sebagai sumber listrik yang tidak terbarukan, meskipun merupakan logam yang sering ditemukan pada batuan di seluruh dunia.




Pembangkit tenaga nuklir menggunakan uranium jenis tertentu, yang disebut sebagai U-235, untuk fuel karena faktanya atom-atomnya mudah terbelah. Meskipun uranium sekitar seratus kali lebih umum daripada perak, U-235 sangat jarang.




Sebagian besar penambangan  bijih uranium berada di Amerika Serikat bagian barat. Setelah uranium ditambang, U-235 harus diekstraksi dan diproses lebih awal untuk dapat digunakan sebagai bahan bakar.




Bagaimana Cara Kerja Reaktor Nuklir?






saat reaktor nuklir di aktifkan, maka bunga nuklir didalam tabung akan melesat dan berkembang dengan kekuatan sangat tinggi dan menggerakkan turbin, dari turbin tersebut akan meghasilkan energi listrik




Reaktor nuklir berbentuk seperti tabung teh yang sangat besar dan berteknologi tinggi.




Teori dasarnya adalah Bunga nuklir memecah atom untuk mendidihkan air menjadi uap. Uap mengubah turbin untuk menghasilkan listrik. Pembuatannya dibutuhkan alat yang canggih dan tenaga ahli yang terlatih khusus dalam bidang ilmu atom.




Bagaimana Energi Nuklir Digunakan untuk Menghasilkan Listrik?






dan ini hasil akhir dari turbin nuklir yang dapat membangkitkan energi listrik




Di sebagian besar pembangkit listrik, Anda ingin memutar turbin untuk menghasilkan listrik. Batu bara, gas alam, minyak dan energi nuklir menggunakan bensin mereka untuk mengubah air menjadi uap dan menggunakan uap itu untuk memutar turbin.




Memperkaya uranium untuk nuklir sangat istimewa karena mereka sekarang tidak membakar apa pun untuk menghasilkan uap. Sebaliknya, mereka memecah atom uranium dalam proses yang disebut sebagai fusi. Akibatnya, tidak seperti sumber kekuatan yang berbeda, pembangkit listrik tenaga nuklir tidak melepaskan karbon atau polusi seperti nitrogen dan sulfur dioksida ke udara.




Reaktor nuklir dirancang untuk mempertahankan reaksi berantai fusi yang berkelanjutan, mereka diisi dengan bahan bakar uranium yang dirancang khusus dan kuat dan dikelilingi dengan menggunakan air, yang membantu proses. Ketika reaktor dimulai, atom uranium akan membelah, melepaskan neutron dan panas.




Neutron-neutron itu akan mengenai atom uranium lainnya yang menyebabkan mereka memotong dan melanjutkan proses, menghasilkan neutron yang lebih besar dan panas yang lebih besar.




Panas ini digunakan untuk membuat uap yang akan memutar turbin, yang menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik.




Dua Jenis Reaktor di Amerika Serikat





Reaktor nuklir yang cukup bersejarah saat ini beroperasi di Amerika Serikat adalah reaktor air mendidih atau reaktor air bertekanan, berbeda jauh dengan hasil penemuan nuklir purba, Nama-nama itu bisa sedikit menyesatkan, Keduanya menggunakan uap untuk energi generator, tetapi perbedaannya adalah bagaimana mereka membuatnya.




Reaktor air mendidih memanaskan air dalam reaktor sampai mendidih menjadi uap dan memutar turbin. Reaktor air bertekanan tinggi untuk memanaskan air di dalam reaktor itu sendiri. Namun, air itu disimpan di bawah tekanan sehingga tidak mendidih dan disalurkan ke sumber air lain yang berubah menjadi uap dan memutar turbin.




Teknologi Reaktor Nuklir Baru





Pengusaha dan pemula yang inovatif sedang mengembangkan reaktor jenis baru untuk menjangkau daerah yang jauh dan berkembang, menjadi lebih efisien, mengurangi pemborosan dengan mendaur ulang bahkan mengubah air laut menjadi air minum.




Reaktor tingkat lanjut meliputi berbagai macam reaktor, termasuk Small Modular Reactor (SMR), yang sekarang dalam pengembangan. Beberapa dari desain baru ini sekarang tidak menggunakan air untuk pendinginan, alternatifnya mereka menggunakan zat lain seperti logam cair, garam cair atau helium untuk mentransfer suhu yang hangat ke dalam air yang terpisah untuk menghasilkan uap.




SMR adalah reaktor kecil yang menghasilkan 300 megawatt atau kurang dari listrik. Mereka akan lebih murah untuk disatukan yang dapat dibuat dalam pabrik untuk dikirim ke tempat yang mereka butuhkan, sehingga SMD dapat membantu energi di daerah yang jauh atau mengembangkan di lokasi Internasional dengan energi bebas karbon.




SMR juga dapat meningkatkan output listrik untuk memenuhi permintaan energi listrik, sangat bersahabat  untuk membantu sumber kekuatan terbarukan yang tiada henti.




Beberapa reaktor foremost akan beroperasi pada suhu yang lebih tinggi atau tekanan yang lebih rendah daripada reaktor nuklir normal. Mereka juga bisa difungsikan tujuan lain seperti desalinasi air dan produksi hidrogen.




Reaktor lain akan lebih ramah dan efisien menggunakan bensin yang menghasilkan lebih sedikit limbah atau dengan cara memiliki siklus fuel yang berkepanjangan,  dan tidak harus berhenti untuk mengisi bahan bakar hingga 20 tahun, para ahli di Amerika berusaha menyandingkan Teknologi nuklir baru dengan hasil penemuan nuklir purba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Heboh Penemuan Nuklir Purba di Gabon"

Posting Komentar