6 Langkah Laptop Menjadi Hotspot


6 Langkah Laptop Menjadi Hotspot





Laptop Menjadi hotspot atau jaringan wifi untuk gadget anda yang lainnya, tidak begitu di butuhkan jika jaringan wifi tersedia di kantor ataupun rumah, dikala kebutuhan mendesak kita pergi keluar kota dalam suasana santai namun karingan hotspot tidak tersedia, bete Sekali jika saat lagi family gathering menginap di sebuah hotel yang murahan,terkadang tersedia koneksi jaringan internet yang biasanya hanya disediakan kabel LAN saja,dan jarang tersedia koneksi hotspot/wifi di kamar hotel,sedangkan kita pasti membutuhkan koneksi wifi/hotspot untuk ponsel/smartphone seperti android dll.




Tapi jangan khawatir, kali ini Golden Blog akan memberi info cara terkini untuk membuat laptop menjadi hotspot, agar gadget smartphone android anda dapat menerima wifi dari laptop anda.




Bagaimana caranya Hotspotan Menggunakan Laptop?





6 Langkah Laptop Menjadi Hotspot caranya hanya dengan menghubungkan laptop windows 7 anda ke koneksi LAN (kabel UTP) dan bisa kita rubah menjadi hotspot untuk menghubungkan ponsel/smartphone Lg V10 kesayangan anda ke internet melalui laptop yang akan dijadikan hotspot.




Caranya cukup mudah,hanya dengan 6 cara saja, tidak perlu ikutan diklat atau bimtek sekalipun di situs Info Bimtek Pusdiklat Kemendagri, yang perlu kita lakukan adalah mengunjungi suatu situs web, mengisi formulir, klik tombol dan lakukan langkah konfigurasi sederhana ICS (internet connection sharing). Kita tidak perlu menginstall software apapun untuk ini.




  1. Pertama Anda perlu memastikan bahwa persyaratan berikut terpenuhi.




  1. Komputer mendapatkan koneksi Internet dari LAN dengan kabel.
  2. Komputer memiliki adaptor dan kabel (wi-fi).
  3. Komputer menjalankan OS Windows 7.
  4. Komputer sudah terinstal Java.




Ikuti tata cara berikut ini untuk mengubah komputer Anda menjadi router akses wifi atau hotspot.





Cukup diwnload sofware gratis ini saja untuk windows 7 yang say pakai, untuk versi lainnya juga tersedia




  1. Buka sebuah halaman website di http://www.virtualaccesspoint.com di web browser kesayangan anda dan klik tombol “Run” jika diminta untuk menjalankan aplikasi.




Masukkan SSID dan kunci Password dengan minimum 8 karakter, klik tombol “Turn On Soft AP“.




Anda akan diminta oleh UAC untuk menjalankan file turnonvp.bat. Klik tombol Yes. Sebuah jendela command prompt akan muncul secara otomatis menjalankan beberapa perintah.




Setelah selesai, Anda dapat menekan tombol apa saja untuk menutup jendela cmd.




Sebuah Wireless Network Connection 2 tambahan menggunakan Microsoft Virtual WiFi Adapter Miniport akan otomatis dibuat didalam Network Connections.




Jalur akses yang telah Anda buat sekarang terlihat dan dapat dihubungkan dengan memasukkan password yang benar. Namun satu langkah lagi diperlukan agar perangkat yang terhubung untuk dapat menggunakan koneksi internet.




Caranya Klik Control Panel >]and Network and Sharing Center > Ubah pengaturan adaptor jaringan.Klik kanan pada Local Area Connection dan pilih Properties.




Pergi ke tab Sharing dan centang “Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”.





ikutu 6 langkah yang ditulis diatas petunnuk setting mebuat laptop menjadi hotspot atau menjadi jaringan wifi




Kemudian pada menu Drop-Down “Select a private network connection”, pilih “Wireless Network Connection 2” dan klik tombol OK untuk menutup jendela Connection Local Area Properties.




Anda kini sudah dapat menggunakan smartphone atau perangkat yang memiliki konektivitas wifi untuk terhubung ke SSID (router) yang telah anda buat dari komputer/laptop Anda, dan Laptop Menjadi Hotspot sudah ok silahkan anda mulai Hotspotan Menggunakan Laptop.




Lalu cara untuk menghapus Wireless Network Connection 2 dari Network Connections,pergi ke Control Panel > System > Device Manager > Perluas Adapter jaringan > klik kanan pada Microsoft Virtual WiFi Adapter dan Miniport kemudian pilih Uninstall.




Laptop Menjadi Hotspot kini mudah dilakukan dan kita tidak perlu untuk menginstall software apapun ke komputer/laptop kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Langkah Laptop Menjadi Hotspot"

Posting Komentar