Gadget  

7 Langkah Optimalkan Android

Pembaharuan sistem operasi Android
Pembaharuan sistem operasi Android
pintu

7 Langkah Optimalkan Android

7 Langkah Optimalkan Android merupakan suatu platform dalam smartphone yang saat ini tengah mendunia. Setiap waktu dan secara bertahap android mulai mengalami suatu peningkatan sistem dengan fasilitas yang lebih baik dari pada sebelumnya. Namun, banyak juga yang mengeluh dengan kapabilitas android dan sebagainya. 

Kebanyakan keluhan tersebut dikarenakan sistem android yang tiba-tiba lemot dan kurang optimal. Bagi Anda yang saat ini merasa android terlalu lemot atau lelet, maka cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini agar android menjadi lebih optimal.

1. Lakukan Pembaharuan Sistem Operasi Android

Pembaharuan sistem operasi Android
Pembaharuan sistem operasi Android

Salah satu penyebab dari lemotnya android, bisa berasal dari versi android itu sendiri. Anda juga harus tahu apabila suatu sistem telah lama digunakan dan belum melakukan pembaharuan, maka sudah pasti akan terdapat masalah pada sistem kerjanya. Hal tersebut juga terjadi pada android. 

Android yang tidak pernah di update, maka akan sering mengalami gangguan. Biasanya jika sistem operasi memerlukan update, maka akan terdapat notifikasi pada smartphone. Jika tidak terdapat notifikasi yang muncul, Anda dapat langsung melakukan pemeriksaan dengan cara mengunjungi menu pengaturan.

2. Lakukan Pengoptimalan pada Layar Utama

Mengoptimalkan layar utama smartphone
Mengoptimalkan layar utama smartphone

Layar utama merupakan komponen penting dalam android. Karena beban kerja dari sistem tersebut sebagian bergantung dengan layar utama yang Anda gunakan. Misalkan saja pada penggunaan wallpaper. Wallpaper yang digunakan sebaiknya menunjang sistem android agar optimal. 

Caranya dengan menggunakan wallpaper yang tepat dan tidak memberatkan ponsel. Kemudian Anda juga menghilangkan berbagai shortcut yang biasanya di taruh pada layar utama. Semakin banyak shortcut, maka akan membuat kinerja sistem semakin berkurang. Sebaiknya buat shortcut yang benar-benar penting dan sering digunakan saja.

3. Lakukan Pengelolaan pada Aplikasi

Pengelolaan aplikasi android
Pengelolaan aplikasi android

Bagi Anda yang sering melakukan penginstalan dan pelepasan aplikasi, tentunya akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapati sistem operasi yang lelet. Anda harus memiliki karakter bersih dalam aplikasi. Maksudnya adalah dengan hanya menggunakan aplikasi yang memang benar-benar diperlukan saja. 

Jika suatu smartphone, diisi dengan beragam aplikasi, maka akan menambah banyak file dan akan memakan banyak RAM. Bahkan aplikasi yang sudah dihapus saja, akan menimbulkan file sampah dalam ponsel Anda. jika hal tersebut tidak segera diatasi dengan 7 Langkah Optimalkan Android bisa dibersihkan, maka sudah pasti smartphone android Anda akan lelet. Maka bersihkan hal-hal yang tidak berguna dari ponsel Anda.

4. Kurangi Animasi yang Ada pada Smartphone

Animasi berlebihan pada android
Animasi berlebihan pada android dapat mengurangi performa kinerja sistem

Biasanya orang yang baru memiliki ponsel android memang suka memasang banyak animasi. Bahkan biasanya animasi yang digunakan cenderung menjadi beban pada kinerja sistem operasi. Maka dari itu, lebih  baik matikan berbagai animasi yang Anda gunakan. Terlebih lagi jika animasi tersebut tidak penting atau hanya sebagai hiasan saja.

5. Lakukan Pembersihan File Sampah Secara Rutin

Hapus File sampah android
Hapus file sampah secara berkala

Jika memiliki smartphone android, Anda memang harus rajin melakukan pembersihan. Bukan hanya pembersihan aplikasi yang jarang digunakan, tetapi juga pembersihan terhadap file sampah. Hindari file sampah menumpuk pada smartphone. Karena hal tersebut dapat menyebabkan smartphone android Anda menjadi lelet bahkan hingga tidak merespon. File sampah yang ada pada smartphone, berasal dari banyak unsur. 

Bisa dari aplikasi yang digunakan setiap hari. Data aplikasi yang tersimpan secara sendiri. Bahkan jika Anda menghapus aplikasi, biasanya file cache masih tersimpan. Sehingga menyebabkan penumpukan file sampah. Pembersihan file tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin. Karena dengan demikian akan mengurangi beban kerja ponsel android Anda.

6. Atur Penggunaan Auto-Sync

Auto-sync-android
Auto sync android

Setiap ponsel, biasanya memiliki sistem auto-sync yang aktif dengan sendirinya. Namun, fitur tersebut dapat Anda matikan. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk menghemat dan juga melakukan optimasi pada sistem operasi android Anda. Memang fitur tersebut sangat berguna untuk Anda. 

Namun apabila terlalu banyak, maka akan memberikan beban pada ponsel Anda. Tidak semua aplikasi yang Anda gunakan harus menggunakan fitur tersebut. Lebih baik pilih aplikasi yang benar-benar penting untuk menggunakan fitur tersebut. Sedangkan untuk aplikasi yang lainnya, lebih baik tidak menggunakan fitur tersebut. Sehingga ponsel akan lebih optimal dan tidak lelet saat digunakan.

7. Melakukan Reset Ulang pada Android

Reset ulang android
Reset ulang android merupakan hal terampuh dan cara terakhir untuk mengoptimalkan kinerja mesin secara keseluruhan

Langkah yang terakhir dalam mengoptimalkan Android ini ini dapat digunakan ketika Anda sudah tidak bisa mengatasi keleletan dari android. Maka Anda dapat melakukan reset ulang pada ponsel. Reset ulang bertujuan agar ponsel kembali ke pengaturan semula. Jika ponsel kembali ke pengaturan semula, maka akan kembali seperti baru, tanpa aplikasi yang ada hanya aplikasi bawaan pada ponsel. cara yang ini memang ampuh digunakan dan lebih cepat tentunya akan membuat android menjadi optimal. 

Namun, yang perlu diketahui dalam melakukan hal ini adalah terdapat kemungkinan bahwa seluruh data yang terdapat dalam smartphone akan menjadi hilang. Jadi, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memulai menggunakan langkah ini. Anda juga bisa melakukan pencadangan terlebih dahulu agar data tetap tersimpan dengan rapi pada saat di reset ulang.

Setiap platform tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh android adalah banyaknya sampah akan membebani kinerja sistem. Sehingga android yang seharusnya berjalan cepat dan mudah, malah menjadi lelet dan lemot. 

Hal tersebut harus segera diatasi, karena jika terlalu lama dibiarkan, maka dikhawatirkan akan menyebabkan kerusakan pada ponsel Anda. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab android lelet, setelah Anda mengetahui faktor penyebabnya, maka segera temukan solusi untuk mengatasinya.dengan 7 Langkah Optimalkan Android melakukan pembersihan, melakukan pemrograman ulang dan sebagainya.