Menyembuhkan Sakit Mata Serta Gejalanya

sakit mata serta gejalanya
pintu

Menyembuhkan Sakit mata serta gejalanya

Kondisi saat sedang sakit mata, terutama mata merah sangatlah mengganggu, bahkan tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari, terlebih dalam pekerjaan yang fokus menggunakan mata seperti membaca, menulis ataupun melihat komputer atau gadget lainnya.

Mata merah jelas mengganggu hubungan lawan bicara atau orang lain disekitar kita. Penderita mata merah kerap merasa sakit, gatal, pegel, sepet, berair dan bengkak, penglihatan menjadi buram dan samar.

Penyebab Mata Merah

Penyebab mata merah

Beberapa kasus Menyembuhkan Sakit mata serta gejalanya yang mengakibatkan mata merah adanya infeksi, pembuluh darah bagian mata yang membengkak menyebabkan mata menjadi iritasi dan berpotensi menjadi mata kering. Alergi juga berpotensi menjadi penyakit mata, menyebabkan luka pada mata, terlebih penyakit mata yang lebih serius disebabkan glaukoma atau ulkus kornea. Dilihat dari luar, mata yang merah nampak pada bagian putih mata terlihat merah terang, atau tipis berupa garis merah.

Penyebab mata merah pada kejadian umum

Konjungtivitis

Infeksi mata paling umum adalah konjungtivitis yang dapat menular ke mata orang disekitarnya atau yang berdekatan dengan penderita, rasa sepat pada penderita konjungtivitis yang disebabkan pembuluh mata membengkak, serta lapisan tipis tipis yang menutupi sebagian atau sepenuhnya pada bola mata. Peradangan pada konjungtivitis mengakibatkan mata menjadi bengkak dan berair, berpotensi menjadi mata kering.

Banyak hal yang berpotensi dapat peradangan mata, mulai dari debu, asap polusi kendaraan dan alergi serta infeksi pada selaput kornea maupun kelopak mata ini menyebabkan gatal sekali di daerah mata, mengucek mata mengakibatkan infeksi dan masuknya virus pada luka dibagian dalam mata, mata menjadi berair dan memerah, mengeluarkan kotoran yang sering disebut belekan disertai kerak akibat kotoran yang mengeras di dalam sela antara kornea dan kelopak mata.

Mata kering

Sakit akibat mata kering

Kurangnya kuantitas maupun kualitas jumlah produksi kelenjar air mata yang disebut sindrom mata kering, penguapan air mata yang berlebihan membuat mata menjadi kering dan menyebabkan mata merah.

Mata kering juga bisa dipicu oleh cuaca panas dan kering atau berangin, penggunaan lensa kontak secara terus-menerus, atau peradangan pada kelopak mata.

Kelelahan

Lamanya bekerja menggunakan komputer bisa menyebabkan mata kering, pegel, sepet dan bisa menjadi mengeluarkan air mata yang terus menerus, kedipan mata yang jarang dilakukan saat menghadapi komputer, berpotensi mata menjadi merah dan kering. Usahakan selalu membuat jeda di hadapan komputer, untuk mengistirahatkan mata, sebisa mungkin teteskan obat mata agar kembali lembab dan segar kembali.

Mata merah disebabkan Luka

Luka yang mencederai mata akibat kecerobohan atau kecelakaan mengakibatkan goresan kecil pada kornea, kornea lecet atau usai menjalani operasi mata. Pendarahan akibat benda asing yang tidak disengaja (kelilipan) masuk kedalam mata mengakibatkan kornea tergores dan luka, luka bakar juga menjadikan mata merah.

Pengobatan Sementara

Menyembuhkan Sakit mata serta gejalanya jika mata memerah, untuk cepat mengatasinya menjadi hal yang lebih buruk lagi adalah dengan cara sebagai berikut:

Jangan memegang mata yang terinfeksi, karena dapat menular pada mata sebelahnya.

Jangan menggunakan lensa kontak atau make-up untuk sementara waktu

Kompreslah pada bagian mata dengan kain lembut yang sudah dibasahi, ini dapat membersihkan mata serta menyejukan mata merah.

Berikan pengobatan pertama dengan obat tetes pengganti cairan air mata seperti insto dry eyes yang dapat melawan kuman dan bakteri dalam mata, serta menyegarkan mata yang terasa panas dan gatal.

Jika langkah di atas tidak berhasil, mata menjadi sensitif terhadap cahaya, rasa mual dan sakit pada sekitar mata, segera berobat ke dokter mata, untuk mengobati sakit mata merah pada tingkat lanjut yang membutuhkan penangan insentif untuk mencegah penyakit mata merah yang lebih gawat.

Mata Pegal? Kenali Gejala dan cara Mengobatinya

Menyembuhkan Sakit mata serta Gejalanya

Mata pegal atau mata lelah merupakan suatu kondisi dimana mata Anda terasa sakit secara terus-menerus. Otot-otot mata yang terus dipaksa untuk bekerja khususnya saat melihat objek-objek dekat akan terasa tegang dan pegal. Umumnya, penyebab mata lelah yaitu akibat penggunaan yang intens seperti saat mengendarai mobil atau berada di depan komputer dalam kurun waktu yang cukup lama. 

Gejala dan cara Mengatasi Mata Pegal

Menyembuhkan Sakit mata serta gejala mata lelah umumnya akan muncul saat mata dipaksa untuk bekerja keras dalam jangka waktu yang cukup lama. Saat itu kondisi otot mata sudah lelah sehingga menyebabkan mata menjadi sakit dan tidak nyaman. Gejala mata lelah sendiri dapat terbagi menjadi tiga yaitu gejala visual, okuler, dan refferal. Gejala visual ditandai dengan penglihatan rangkap,  gejala okular ditandai dengan adanya nyeri pada kedua mata, sementara gejala referat ditandai dengan mual dan sakit kepala.

Selain ketiga gejala tersebut, terdapat beberapa gejala lain yang menandakan bahwa mata Anda sudah butuh istirahat. Gejala lain yang menandakan bahwa mata Anda sudah lelah yaitu nyeri atau mata berdenyut, pandangan mata terlihat kabur, serta sulit untuk memfokuskan pandangan. Tak hanya itu, mata perih, mata berair, dan mata merah juga menjadi salah satu gejala mata sudah lelah.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko mata lelah. Anda dapat memeriksakan kesehatan mata secara rutin dan berkala. Selain itu, gunakan pencahayaan yang tepat pada komputer dengan mengupgrade jenis layar yang ada di komputer. Anda juga dapat mengambil waktu istirahat sejenak atau sering-seringlah berkedip saat berada di depan komputer.

cara menyembuhkan mata lelah biasanya dapat dilakukan dengan mengompres dengan handuk dan air hangat pada bagian mata yang lelah. Gunakan pula pembersih udara agar dapat memfilter debu yang masuk dan meningkatkan kelembaban udara. Selain itu, Anda juga menggunakan obat tetes mata untuk mencegah dan mengobati mata Anda yang terasa kering. Salah satu obat tetes mata yang sangat direkomendasikan yaitu Insto Dry Eyes. Obat tetes mata ini sudah dipercaya oleh masyarakat Indonesia hingga beberapa tahun.

2.

Langkah Tepat untuk Cegah Mata Sepet

Mata merupakan organ vital manusia sebagai indera penglihat. Mata juga bisa mengalami masalah dan bahaya terutama jika mata tidak mendapatkan istirahat cukup. Jika mata tidak beristirahat cukup, maka Anda bisa merasa tidak nyaman seperti mata yang terasa sepet, gatal, dan kering. Beberapa cara yang bisa dilakukan agar mata tetap sehat dan tidak merasa sepet atau kering antara lain adalah sebagai berikut. 

Mencegah Mata Sepet dengan Benar

  1. Tidak menatap layar komputer terlalu lama

Banyak masyarakat yang mengalami gangguan mata ringan akibat terlalu lama berada di depan layar komputer atau layar smartphone. Untuk mencegah mata terasa sepet dan kering, sebaiknya beri jeda atau istirahat setidaknya satu menit setiap satu jam Anda melihat layar komputer

  1. Tidak terlalu lama menggunakan lensa kontak

Penggunaan lensa kontak yang terlalu lama juga bisa menyebabkan gangguan pada mata. Jangan lupa untuk segera melepas kontak lensa segera setelah Anda sampai di rumah. Lakukan hal tersebut untuk memberikan waktu istirahat bagi mata agar tidak kering atau sepet.

  1. Memijat mata

Beberapa ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan pijat ringan pada mata yang terasa lelah. Caranya adalah menggosokkan kedua telapak tangan dan kemudian ditempelkan pada mata selama beberapa menit. Setelah itu, gunakan ibu jari untuk memijat bagian alis. Pijatan ringan tersebut dapat membantu membuat mata lebih rileks.

  1. Meningkatkan asupan omega-3

Nutrisi yang satu ini terbukti dapat membantu mengurangi peradangan di bagian mata. Beberapa orang yang mengalami radang di bagian mata akan merasakan sepet karena mata yang kering. Mengkonsumsi ikan atau menggunakan suplemen omega-3 bisa menjadi pencegahan agar mata lebih sehat.

  1. Menggunakan tetes mata

Salah satu cara yang paling mudah agar mata kembali nyaman adalah menggunakan air mata buatan atau tetes mata. Gunakan Insto Dry Eyes saat mata Anda terasa mulai sepet dan kering. Cukup dengan memberi 1-2 tetes pada mata kering, tetes mata ini akan memberikan efek pelumas sehingga kembali nyaman.

Itulah beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah mata sepet dan kering. 

3.

Gejala Mata Lelah dan cara Mengatasinya

Sekarang ini banyak masyarakat yang mengalami gangguan mata karena kebiasaan menatap layar gadget terlalu lama. Organ mata sendiri terdiri dari tiga sel otot yang memiliki fungsi berbeda. Apabila aktivitas yang dilakukan memaksa otot-otot dalam mata tersebut, hal tersebut dapat membuat mata lelah. Beberapa gejala yang biasa muncul adalah sebagai berikut.

Gejala dan cara Mengatasi Mata Lelah

  1. Gejala mata lelah

Gejala yang muncul biasanya terasa setelah beberapa jam bekerja. Saat otot mata sudah terlalu letih, mata biasanya akan terasa tidak nyaman dan sakit. Gejalanya seperti mata berdenyut, mata perih, mata berair, mata merah, pandangan mengabur, dan lain sebagainya. Gejala mata lelah tersebut juga bisa menimbulkan gangguan fisik lain seperti sakit kepala dan sensitif terhadap cahaya terang.

  1. Penyebab mata lelah

Ada banyak faktor yang bisa membuat mata lelah, faktor usia, kelainan refraksi, dan karena faktor lingkungan. Faktor lingkungan seperti intensitas cahaya, objek kerja yang kecil, dan lain-lain. Aktivitas yang paling sering menjadi penyebab mata lelah adalah melihat layar gadget dalam waktu yang terlalu lama. Jika hal tersebut dilakukan terus menerus tanpa memberi waktu istirahat untuk mata, mata Anda akan merasakan gejala-gejala mata lelah. 

  1. Mengatasi mata lelah

Pencegahan dapat dilakukan agar tidak mengalami gejala mata lelah. cara yang bisa dilakukan adalah mengatur pencahayaan yang tepat di tempat kerja, mengatur ruang kerja agar nyaman, mengatur kecerahan layar gadget yang sesuai, dan sering berkedip ketika harus berada di depan komputer. Apabila Anda mengalami gejala mata lelah, cara mengatasinya adalah dengan membiarkan mata beristirahat. Jika perlu, gunakan kompres untuk mata agar lebih rileks. Selain itu gunakan tetes mata untuk menyegarkan mata kering dan lelah. Insto Dry Eyes, produk tetes mata nomor 1 di Indonesia yang efektif untuk mengatasi mata lelah, mata kering, dan mata sepet. Memiliki efek seperti pelumas dan berfungsi sebagai air mata buatan untuk mata kembali segar. 

Itulah beberapa informasi terkait gejala, penyebab, dan cara mengatasi mata lelah. Jika sudah merasakan gejala  mata lelah, sebaiknya lakukan istirahat dan penangan yang tepat untuk mata Anda.  

4.

Mengatasi Penyebab Mata Perih

Hampir semua orang pernah mengalami masalah mata perih. Mata yang terasa tidak nyaman dan tentunya bisa mengganggu aktivitas. Ada beberapa hal yang bisa memicu mata terasa perih. Berikut adalah beberapa penyebab mata perih yang paling umum.

Penyebab Mata Perih

  1. Paparan sinar matahari

Apabila terkena paparan sinar matahari secara berlebih, Anda bisa mengalami masalah mata perih. Fotokeratitis atau mata perih seperti terbakar yang disebabkan paparan sinar matahari. Kondisi tersebut akan membuat mata menjadi lebih peka terhadap cahaya yang terlalu terang. Selain itu, bisa juga membuat mata berair. Gejala dari masalah mata ringan ini biasanya akan hilang dalam satu atau dua hari.

  1. Alergi

Konjungtivitis atau alergi pada mata juga menjadi salah satu penyebab mata perih. Alergi dapat muncul saat ada zat asing yang tidak sengaja masuk ke mata. Tubuh akan secara otomatis merespon dengan memproduksi histamin. Zat yang muncul karena reaksi tersebut membuat mata menjadi merah, gatal, dan terasa perih.

  1. Radang 

Radang pada kelopak mata atau blepharitis adalah salah satu penyakit yang memicu efek mata perih. Infeksi bakteri dan juga masalah kelenjar minyak di kelopak mata dapat membuat mata terasa perih. Selain perih, efek yang muncul lainnya adalah mata merah dan mata bengkak.

  1. Mata kering

Permukaan bola mata diselimuti air mata yang berfungsi sebagai pelumas. Apabila saluran air mata tersebut tidak memproduksi cairan yang cukup, mata akan terasa perih. Air mata berguna untuk menjaga kelopak mata agar tetap lembab. Untuk menghindari mata perih, Anda bisa mengedipkan mata secara cukup agar mata tidak kering. Jika perlu, Anda dapat menggunakan air mata palsu dengan tetes mata Insto Dry Eyes. Tetes mata ini memiliki berbagai manfaat seperti mengatasi kemerahan, mengembalikan kesegaran mata, memberikan efek pelumas, dan untuk air mata buatan. Penggunaan tetes mata yang direkomendasikan yaitu 1-2 tetes. 

Itulah beberapa penyebab mata perih dan tidak nyaman. Jangan lupa untuk melindungi mata dari debu, asap, polusi, dan berbagai hal yang dapat membuat iritasi pada mata.