Gaya Hidup Militer

Gaya Hidup Militer
Gaya hidup tentara
pintu

Gaya Hidup Ala Militer: Sisi Lain Para Militer yang Jarang Terlihat dan Patut di Contoh

Berbicara tentang Militer tentu yang pertama kali dibayangkan adalah sosok tentara yang siap sedia membela negara dan rela mengorbankan jiwa raganya. Seperti yang diketahui bahwa peran tentara sendiri sebagai pertahanan negara sangat penting. Disiplin, semangat dan pantang menyerah adalah gambaran karakter yang tepat untuk para anggota Militer. Untuk itu, 5 Oktober pantas untuk ditetapkannya sebagai Hari tentara Nasional Indonesia.

Ada banyak hal yang jarang diketahui terkait gaya hidup ala Militer yang patut untuk dicontoh dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup disini merupakan kebiasaan yang diterapkan dalam hidup anggota Militer. Berikut ini beberapa kebiasaan tentara yang jarang terlihat dan berdampak positif beserta penjelasannya.

Kebiasaan Para tentara Militer

  1. Bangun Pagi
Gaya hidup militer bangun pagi
Gaya hidup Militer bangun pagi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa seorang Militer cenderung memiliki kepribadian yang disiplin, salah satunya adalah bangun pagi. Biasanya mereka bangun sekitar jam 4 pagi dan dilanjut untuk persiapan kegiatan seperti upacara dan lain sebagainya. Karena kedisiplinannya tersebut, mereka sangat menghargai waktu terutama memanfaatkannya sebaik mungkin. Tidak hanya itu, anggota Militer juga rapi dalam mengerjakan sesuatu termasuk membereskan tempat tidurnya sendiri.

  1. Menghargai Teman
militer saling menghormati
Militer saling menghormati

Sebagai seorang tentara atau anggota Militer sangat menjaga erat persahabatan dan mampu bekerja secara tim dengan baik. Mereka juga setia kawan hingga rela membantu temannya yang sedang kesulitan. Sejak pelatihan, mereka benar-benar diajarkan tentang pentingnya persahabatan agar membangun kerja sama yang baik dan lebih kompak hingga tidak ada yang egois satu sama lain. 

  1. Menjaga Pola Makan yang Sehat
Pola makan Militer RINDAM
Pola makan Militer RINDAM

Selain berolahraga, anggota Militer juga sangat memperhatikan pola makan yang sehat. Makanan yang dikonsumsi kaya akan kandungan karbohidrat dan juga protein. Maka dari itu tidak heran jika mereka memiliki tubuh yang ideal, berotot dan juga perut yang six pack. Tidak hanya Makanan, mereka juga banyak mengkonsumsi air putih guna mencegah dehidrasi, mengingat sebagian besar kegiatannya adalah aktivitas fisik.

  1. Selalu Rapi
Gaya hidup Militer
Gaya hidup Militer

Kebiasaan anggota Militer yang perlu dicontoh selanjutnya adalah selalu rapi dalam berpakaian mulai dari ujung kaki sampai dengan ujung rambut. Kebiasaan yang satu ini sudah diajarkan mulai dari pelatihan, dimana dituntut harus selalu berpakain rapi, anti kusut, menyemir sepatu boot miliknya dan tampil dengan rambut yang rapi. Oleh karenanya, tidak hanya tubuhnya saja yang gagah melainkan juga penampilan fisiknya yang menawan.

  1. Belajar dari Pengalaman Orang Lain
Pengalaman Gaya hidup militer
Pengalaman Gaya hidup Militer

Para tentara juga selalu belajar dari pengalaman Orang lain dengan cara mendengarkan, melihat sebuah kisah dari Orang lain yang membuatnya berfikir untuk tidak melakukan kesalahan yang sama. Pembelajaran yang terbaik adalah pembelajaran dari kisah atau pengalaman Orang lain.

  1. Kebiasaan-kebiasaan yang Tidak Terduga

Kebiasaan-kebiasaan yang tidak terduga dari seorang anggota Militer yang dimaksud seperti mandi sekaligus buang air sehingga akan lebih hemat air. Kemudian, menyelotip tungkai kaki agar tidak terasa sakit, membuat tempat tidur terlihat rapi seperti di hotel, mampu menyiasati baju yang kebesaran dan menutup luka dengan taburan gula untuk mencegah penyebaran bakteri serta lain sebagainnya.

Membicarakan gaya hidup dari anggota Militer memang tidak akan ada habisnya. Banyak kebiasaan yang patut untuk dicontoh. Kesabaran, ketegaran dan juga semangatnya yang membara membuat siapapun terpukau akan kehadiran para tentara. Mereka rela meninggalkan keluarga untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk tetap mempertahankan negara. Mereka selalu siap sedia kapanpun dan dimanapun untuk menjaga negara dari berbagai ancaman yang membahayakan.