Fakta Menarik dalam Sejarah Militer Indonesia

Sejarah Militer Indonesia
Sejarah militer Nusantara
pintu

Dalam Sejarah Militer di Indonesia mempunyai cerita Sejarah yang sangat panjang sebelum bisa menjadi negara yang merdeka. Hal ini juga terjadi pada bidang Militer Indonesia. Sebelum TNI dibentuk, ada banyak sekali perjuangan rakyat Indonesia untuk bisa sampai pada titik tersebut. Awal mula berdirinya TNI adalah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia setelah proklamasi. Pada masa ini rakyat Indonesia melakukan perjuangan dengan membentuk laskar perjuangan dan juga badan perjuangan rakyat. Sejak saat itu, pemerintah Indonesia masih terus menyempurnakan bidang kemiliteran supaya terus berjalan guna menegakkan kedaulatan negara. Sejarah Militer pada zaman kuno hingga abad pertengahan dimulai saat terjadi peperangan antar suku tertentu sampai pada munculnya banyak kerajaan di Indonesia. Kemudian muncul periode yang lebih modern, dimana rakyat Indonesia berjuang untuk memerdekakan bangsa lewat perang gerilya, penaklukan regional, dan juga perselisihan dengan beberapa negara. Sejak pertama kali Indonesia menyatakan diri sebagai negara yang merdeka, keberadaan Militer memiliki peranan yang sangat penting, terutama terkait dengan urusan negara. Akan tetapi, pada era pasca-Suharto, Militer di Indonesia justru mundur dari kepentingan politik, tetapi masih mempunyai pengaruh pada sektor tertentu. Fakta Menarik Sejarah Militer di IndonesiaSupaya mengenai TNI dalam Sejarah Militer di Indonesia secara lebih jauh, simak penjelasan mengenai fakta-fakta TNI di bawah ini, ya. a. Mempertahankan Kemerdekaan bangsa dari Penjajah Tujuan dari lahirnya TNI adalah untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari penjajah, yaitu Belanda yang ingin merebut kembali lewat cara kekerasan.

Jadi, rakyat Indonesia yang tergabung dalam TNI berjuang mati-matian demi bangsa Indonesia. b. Mendapat Tantangan dari Banyak Pihak Perjalanan TNI di masa awal kemerdekaan sangatlah berat. TNI sebagai tentara rakyat harus menghadapi tantangan dari banyak pihak. Baik itu dari dalam negeri maupun luar negeri. Pihak TNI mendapatkan rongrongan dari dimensi Militer dan juga dimensi politik. Contohnya seperti serangan Agresi Militer Belanda I dan II. c. TNI dan POLRI Pernah Ada dalam Naungan ABRI Pada awal kemerdekaan, TNI dan POLRI berada dalam naungan ABRI supaya lebih kuat dalam menghadapi Agresi Militer Belanda. Jadi, integritas serta eksistensi negara Indonesia bisa bertahan karena TNI berjuang bersama-sama dengan rakyat Indonesia. Menyatunya kedua elemen Militer ini diharapkan bisa mencapai efektivitas dan juga efisiensi dalam melaksanakan peran masing-masing. Hal ini terbukti dari terciptanya tatanan politik baru supaya dapat melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara konsekuen. d. Peran dan Tugas TNI

Perlu Anda ketahui, TNI memiliki peran di bidang pertahanan sebagai alat negara dan berwenang menjalankan tugas berdasarkan kebijakan serta keputusan politik Indonesia. TNI juga berperan sebagai penangkal atas segala ancaman Militer yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri yang mengancam kedaulatan, keutuhan wilayah, dan juga keselamatan bangsa. Kemudian tugas inti TNI adalah untuk menegakkan kedaulatan negara, menjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi bangsa dari adanya gangguan dan ancaman berbagai pihak. Kondisi keamanan yang terancam akan membuat stabilitas negara menjadi goyah. Oleh karena itu, TNI sebagai garda terdepan perlu bekerja keras untuk mempertahankan kedaulatan bangsa. Demikian penjelasan mengenai Sejarah Militer dan juga fakta menarik TNI yang dapat Anda ketahui. Ternyata sebelum menjadi sekuat sekarang, dunia Militer  Indonesia telah melewati banyak fase dan perjuangan yang patut diapresiasi oleh seluruh rakyat Indonesia. Perjuangan merekalah yang membuat bangsa kita masih merdeka hingga sekarang.